Sinopsis Spirited Away : Film Animasi karya Studio Ghibli yang Menyentuh dengan Pesan Moral


Penggemar budaya Jepang dan anime pasti pernah dengar tentang film ciamik dari Studio Ghibli, Spirited Away, kan?

Dulu, sekitar dua puluh tahun lalu, Spirited Away jadi sensasi banget sebagai film anime top. Bukan cuma di Studio Ghibli atau Jepang, tapi di seluruh jagad anime. Ini film keren yang bawa pulang berbagai penghargaan, termasuk Piala Oscar.

Ada tokoh keren di sini, namanya Kaonashi alias No-Face, suka jadi inspirasi buat kostum Halloween atau buat acara cosplay.

Tapi, film yang di Jepang disebut Sen to Chihiro no Kamikakushi ini enggak cuma tentang hiburan aja, lho. Isinya ngena banget buat kehidupan sehari-hari.


Dua dekade lalu, Spirited Away jadi film anime penting banget. Gak cuma di Studio Ghibli atau Jepang, tapi di seluruh dunia anime. Ini nih ceritanya: Chihiro, cewek kecil yang punya petualangan seru. Awalnya dia dipaksa pindah ke tempat baru sama ayah dan ibunya.

Pas di perjalanan, mereka nyasar. Mobil ayah Chihiro masuk ke hutan aneh dan nyampe di bangunan dengan terowongan.

Mereka penasaran dan jalan-jalan, temuin taman yang dulunya rame banget tapi sekarang udah sepi. Ayah Chihiro baunya makanan, trus mereka nyari tahu.

Akhirnya mereka nemuin kedai yang jual makanan enak. Tanpa izin, ayah dan ibu Chihiro langsung makan dengan pikir bakal dibayar kalo pemilik kedai dateng.

Chihiro, yang dari awal udah ngerasa aneh dan takut dengan tempat itu, terus ngajakin ayah dan ibunya buat keluar tapi mereka gak dengerin. Akhirnya, Chihiro putusin buat jalan-jalan sebentar dan nemuin sebuah pemandian air panas.

Saat dia deket pemandian yang dijaga sama jembatan, ada anak laki-laki yang peringatin dia buat buru-buru pergi sebelum gelap.

Pas sore nyaris maghrib, Chihiro berusaha nyari lagi ayah dan ibunya. Tapi pas dia nemuin mereka, tiba-tiba berubah jadi babi dan terus makan terus tanpa berhenti.

Saat matahari tenggelam, suasana berubah. Sekeliling Chihiro, muncul banyak makhluk hitam tinggi besar. Dia panik dan lari, tapi tiba-tiba padang rumput yang tadinya ada berubah jadi lautan.

Chihiro, dalam kepanikan, ketemu sama anak laki-laki itu, Haku. Dia ngasih tau Chihiro kalo semua makhluk aneh yang dia lihat itu jin dan dedemit dari berbagai tempat di Jepang.

Haku coba bantu Chihiro dengan mengajaknya ke bangunan pemandian, tapi ada syaratnya: Chihiro harus tahan napas lewat jembatan. Tapi ada makhluk gaib, kayak topeng dan katak, yang ngobrol sambil lompat-lompat, bikin Chihiro takut sampe gak sengaja lepas napas.

Napasnya itu buat makhluk-makhluk di sana sadar ada manusia di sekitar. Haku berusaha selamatin Chihiro lagi. Dia kasih pil ke Chihiro dan suruh ketemu penyihir yang jadi penguasa tempat itu, Yubaba.

Chihiro harus bikin Yubaba nerima dia jadi pegawai biar bisa selamatkan orangtuanya, meskipun dia sendiri jadi taruhannya.


Spirited Away, film anime buatan Hayao Miyazaki. Film keren ini dari Studio Ghibli dan ditayangin di beberapa saluran, termasuk Nippon Television Network dan Buena Vista Home Entertainment (Walt Disney). Sekarang, bisa ditonton di Netflix juga.

Film ini emang luar biasa, dibikin Miyazaki yang jago banget jadi animator, sutradara, produser, penulis naskah, dan mangaka. Rilis tahun 2001, ini film kedelapan yang langsung disutradarain sama Miyazaki.

Sebelum Spirited Away, Miyazaki udah membuat film keren lainnya, kayak My Neighbor Totoro (1988) dan Kiki's Delivery Service (1989).

Waktu dirilis tanggal 20 Juli 2001, film ini langsung banjir pujian. Di Rotten Tomatoes, dapet nilai 97 persen dari kritikus dan 96 persen dari penonton.

Film ini juga dapet Piala Oscar kategori Best Animated Feature tahun 2003. Seru, kan? Jadi film animasi pertama yang gambarnya digambar tangan yang menang. Dan satu-satunya film animasi non-Inggris yang menang juga.

Prestasi Spirited Away juga terlihat dari banyak penghargaan lain yang diraihnya. Masuk dalam berbagai daftar rekomendasi, kayak 50 film terbaik buat anak usia 14 dari British Film Institute, sampe diakui sebagai salah satu film terbaik abad 21 versi BBC dan The New York Times. Banyak yang bilang ini salah satu film animasi paling keren yang pernah dibuat.

Bagaimana, penasaran ingin menontonya?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinopsis Film Horor “The Conjuring 2”: Misteri Biara Valak

Sinopsis Detective Chinatown 1974 : Kerja Sama Antara Detektif Muda Berbakat dan Pamannya yang Pecicilan

Sinopsis Film Keluarga Batak “Ngeri-Ngeri Sedap”