Sinopsis Detective Chinatown 1974 : Kerja Sama Antara Detektif Muda Berbakat dan Pamannya yang Pecicilan

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa tak tahu itu membahagiakan. Artinya, kadang-kadang, saat kita mulai menyelidiki lebih dalam tentang sesuatu, bisa muncul masalah yang lebih rumit. Ini juga berlaku saat kita belajar tentang orang lain.

Semakin kita mengenal seseorang, semakin banyak yang bisa terungkap. Kadang, hal-hal itu disimpan sebagai privasi karena dianggap tidak pantas diketahui oleh orang lain.

Ada beberapa cara untuk mengungkap rahasia seseorang. Bisa lewat percakapan langsung atau meminta bantuan dari orang lain secara tidak langsung.

Dalam film Chinatown, seorang detektif disuruh menyelidiki kasus perselingkuhan, tapi malah menemukan konflik yang lebih rumit. Fil m ini jiga terkenal dengan karakter Villain nya yang cerdas!

Yuk, kita lihat sinopsis dan ulasan filmnya!

Sinopsis


Pada tahun 1937, J.J. “Jake” Gittes adalah seorang detektif swasta di Los Angeles. Ia menerima klien bernama Evelyn Mulwray yang meminta Gittes untuk mengawasi suaminya, Hollis Mulwray, seorang pejabat di Departemen Air dan Energi Los Angeles, yang dituduh memiliki hubungan dengan wanita lain.

Gittes mengikuti Hollis dan mengambil foto bersama seorang wanita muda. Foto itu kemudian terbit di surat kabar. Namun, kemudian Evelyn yang sebenarnya muncul dan menuduh Gittes menyebarkan informasi palsu. Gittes menyadari dirinya dibohongi dan mulai curiga bahwa Hollis menjadi sasaran orang yang ingin menjatuhkannya.

Sebelum Gittes bisa berbicara dengan Hollis, Hollis ditemukan tewas tenggelam di tempat penampungan air bersih. Dengan bantuan Evelyn, Gittes mulai menyelidiki kasus itu sebagai kasus pembunuhan.

Gittes menemukan bahwa air masih dialirkan ke wilayah penduduk meski sedang terjadi kekeringan. Selama investigasinya, dia dihentikan oleh Claude Mulvihill dari Departemen Air dan Energi.

Saat sedang di kantor, Gittes dihubungi oleh seorang wanita yang meminta bantuannya tanpa alasan jelas. Setelah penyelidikan lebih lanjut, Gittes mengetahui bahwa Hollis bekerja dengan ayah Evelyn, Noah Cross.

Cross menawarkan bayaran besar untuk menemukan selingkuhan Hollis. Gittes menduga ada rencana untuk membeli properti di wilayah Northwest Valley dengan harga murah.

Saat menyelidiki wilayah tersebut, Gittes diserang karena disangka sebagai agen Departemen Air dan Energi yang memaksa warga keluar. Gittes menduga Departemen tersebut membuat kekeringan agar bisa membeli properti dengan harga murah.

Evelyn dan Gittes menjalin hubungan, namun Evelyn memperingatkan bahwa ayahnya, Noah Cross, adalah orang berbahaya.

Gittes menemui Katherine, yang diduga adalah selingkuhan Hollis, namun Evelyn mengakui bahwa Katherine adalah adiknya. Terungkap bahwa Hollis tewas dengan banyak garam di tubuhnya. Siapakah pembunuh Hollis? Siapakah Evelyn dan Katherine?

Film ini menghadirkan cerita investigasi yang kompleks tentang perselingkuhan. Jika kamu penggemar film detektif, film ini akan memberikan kepuasan tersendiri.

Plot dan Subplot yang Solid


"Chinatown" mengangkat plot utama mengenai konspirasi di balik kekeringan yang melanda Los Angeles. Kekeringan ini dimanfaatkan untuk mendapatkan wilayah The Northwest Valley dengan harga murah. Departemen Air dan Energi Los Angeles berencana membangun tempat penampungan air baru di sana untuk memasok air ke seluruh kota.

Kisah kekeringan ini terinspirasi dari peristiwa nyata kekeringan yang pernah melanda Amerika pada tahun 1970-an, meskipun dalam filmnya, ceritanya berlatar pada tahun 1937.

Tema menarik tentang konspirasi ini dihadirkan bersama dengan unsur politik dan sabotase lahan, yang masih relevan hingga saat ini. Kasus seperti mafia tanah seringkali masih menjadi topik yang dibicarakan.

Tidak hanya plot utamanya yang kuat, tetapi juga subplotnya. Kasus pembunuhan Hollis menjadi pendukung yang menarik.

Penonton akan diajak berspekulasi tentang siapa sebenarnya pelaku dan motif di baliknya, terutama karena ada indikasi perselingkuhan atau konflik di tempat kerja Hollis.

Subplot tentang identitas sebenarnya dari Evelyn juga membingungkan. Ia bisa menjadi tersangka dalam pembunuhan Hollis karena sang suami memiliki wanita lain.

Kabar tentang perselingkuhan Hollis didukung oleh permintaan Cross yang meminta Gittes untuk menyelidiki. Ada juga Katherine yang disebut sebagai adik Evelyn, tetapi di lain waktu, Evelyn menyebut Katherine sebagai anaknya.

Kehebatan "Chinatown" adalah bagaimana subplot yang awalnya terlihat tak terkait secara bertahap mengarah dan mendukung plot utama. Film ini tidak hanya membahas konspirasi kekeringan, perselingkuhan, dan sabotase lahan, tetapi juga masalah pemerkosaan dan balas dendam.

Penulis skenario, Robert Towne, dan sutradara, Roman Polanski, mengerti bagaimana menyatukan ketegangan dengan dramatisme yang brilian.

"Chinatown" bukanlah tontonan yang ringan karena mengharuskan penontonnya untuk memperhatikannya dengan seksama. Semua teka-teki dan kebingungan akan terpecahkan di akhir film, dengan motif karakter-karakternya yang dijelaskan dengan baik. 

Bagi yang menyukai film detektif, sangat disarankan untuk menontonnya dan berbagi pendapat di kolom komentar!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinopsis Lengkap Film ‘Miracle in Cell No. 7’

Sinopsis Film Horor “The Conjuring 2”: Misteri Biara Valak

Sinopsis Film Keluarga Batak “Ngeri-Ngeri Sedap”